Harga merupakan salah satu faktor yang penting serta berpengaruh
terhadap tingkat permintaan atas suatu produk. Dalam sebagian besar kasus,
biasanya permintaan dan harga berbanding terbalik, yakni semakin tinggi harga,
semakin rendah permintaan terhadap produk. Demikian sebaliknya, semakin rendah
harga, semakin tinggi permintaan terhadap produk (Kotler, 1991). Oleh karena
itu, penetapan harga yang tepat perlu mendapat perhatian yang besar dari
perusahaan. Jika
harga yang ditetapkan oleh perusahaan tepat dan sesuai dengan daya beli
konsumen, maka pemilihan suatu produk tertentu akan dijatuhkan pada produk
tersebut (Basu Swastha dan Irawan, 2001).
Program pemasaran yang efektif mencampurkan semua elemen bauran pemasaran ke
dalam program yang dirancang untuk mencapai sasaran pemasaran perusahaan dengan
memberikan nilai kepada konsumen. Bauran pemasaran membentuk perangkat alat
taktis perusahaan untuk menetapkan posisi yang kuat dalam target pasar. Selain
itu perusahaan harus mempunyai perencanaan yang strategis yang dapat
digambarkan sebagai sebuah metode untuk mencapai tujuan dengan mengantisipasi
hal yang akan terjadi dan menentukan tindakan yang perlu dilakukan (Kotler,
2000).
Promosi sebagai salah satu cakupan bauran pemasaran yang penting dalam
memasaran barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan juga sebagai suatu
cara memberikan informasi kepada masyarakat tentang barang atau jasa yang
dihasilkan perusahaan. Promosi merupakan suatu bentuk dari komunikasi pemasaran, yaitu
aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk
dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar konsumen
bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produknya yang ditawarkan perusahaan
(Tjiptono,2002).
DAFTAR
PUSTAKA
Kotler, Philip dan Kevin Keller.
2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta :
Erlangga.
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa
Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.
____________________________. 2004. Principles
of Marketing. Edisi Kesepuluh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar